Apakah Gadget Berfungsi sebagai Kebutuhan atau Sekadar Gaya Hidup?

Apakah Gadget Berfungsi sebagai Kebutuhan atau Sekadar Gaya Hidup

Seiring dengan perkembangan teknologi yang merebak saat ini menjadikan gadget sebagai alat untuk menunjang gaya hidup masyarakat.

Meski segelintir orang mengklaim bahwa gadget merupakan sebuah kebutuhan tetapi tidak sedikit orang juga menjadikan gadget sebagai gaya hidup.

Dalam artikel ini mari kita bahas kapan gadget tersebut berfungsi sebagai kebutuhan atau hanya sekadar gaya hidup. Hal ini dilihat dari beberapa aspek, di antaranya:

Gadget berfungsi sebagai penunjang gaya hidup apabila mereka tergoda dengan fitur yang ada di gadget tersebut. Hal ini semata untuk terlihat lebih keren dibandingkan orang lain.

Misalnya seorang mahasiswa telah memiliki gadget tetapi karena melihat di iklan ada gadget versi terbaru dengan fitur yang lebih lengkap, maka dia memutuskan untuk membelinya.

Dari pemaparan yang dicontohkan di atas bahwa tujuan mahasiswa memiliki gadget bukanlah berdasarkan kebutuhan melainkan hanya sekadar gaya hidup. Hal ini menjadi suatu hal yang sudah biasa di tengah masyarakat.

Sangat disayangkan mengingat gadget hanya difungsikan sebagai gaya hidup, kedepannya dikhatirkan gadget digunakan sebagai ajang pamer di media sosial, ajang malas-malasan karena terlalu asik bermain Game atau bahkan sebagai jalan untuk menonton film tidak senonoh yang mampu merusak pola pikir mereka.

Untuk itu diharapkan orang tua tetap memantau anaknya dan memfasilitasi gadget sesuai dengan kebutuhan mereka bukan hanya sekadar memenuhi gaya hidup.

Arahkan mereka cara memanfaatkan gadget ke arah yang lebih positif.
Kedua kita akan bahas fungsi gadget sebagai sebuah kebutuhan.

Ciri-ciri gadget yang difungsikan sebagai kebutuhan tentunya akan berbeda-beda tergantung dari cara orang memahaminya. Kita bisa memaparkan beberapa kasus berdasarkan profesi seseorang. Seperti:

a. Wartawan

Seorang wartawan tentu akan kesulitan mendapatkan informasi tanpa bantuan gadget karena bagaimana pun pekerjaan mereka adalah membuat berita paling mutakhir. Sehingga bisa dikatakan bahwa gadget merupakan kebutuhan mutlak yang diperlukan oleh seorang wartawan.

b. Guru atau Dosen

Seorang tenaga pengajar juga sangat membutuhkan sebuah gadget untuk menunjang profesi mereka. Dengan gadget mereka bisa mendapatkan informasi terbaru tentang perkembangan ilmu pengetahuan.

Mereka bisa mentfransfer ilmu terkini kepada anak didiknya karena ilmu pengetahuan cepat sekali berkembang sehingga perlu adanya mengamalkan referensi terbaru.

c. Orang yang bekerja di bidang IT

Tentunya memiliki gadget adalah hal wajib bagian pekerja di bidang IT. Hal ini disebabkan dengan adanya gadget mampu mempermudah pekerjaan mereka.

d. Pebisnis online

Modal utama bagi pedagang online adalah gadget. Di era sekarang banyak pebisnis online yang semakin menjamur sehingga gadget bisa membantu mereka menjalankan usahanya.

Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa kegunannya gadget tergantung dari pemakainya apakah mereka memaikainya sebagai kebutuhan atau untuk menunjang gaya hidup tentunya dilihat dari tujuan si pemakai mengapa menggunakan gadget tersebut.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *