Ingin Menulis Artikel yang Baik? Perhatikan Strukturnya Berikut ini!

Ingin Menulis Artikel yang Baik? Perhatikan Strukturnya Berikut ini

Jika Anda bertanya-tanya mengapa setiap pelaku digital perlu memiliki skill menulis artikel yang baik, tentu alasan berikut ini cukup masuk akal bagi Anda. Dari dulu hingga sekarang, konten jenis ini dapat dikatakan sebagai konten dengan tingkat popularitas cukup tinggi.

Hampir semua informasi yang tersebar melalui situs atau blog menampilkan postingan berupa artikel di dalamnya. Lantas mengapa artikel begitu digemari audiens? Hal ini tak lepas dari mudahnya konten untuk diakses. Tak seperti platfrom YouTube yang menyediakan konten berupa video, melalui website, pembaca dapat menerima informasi dengan sangat praktis.

Melihat eksistensi artikel masih cukup tinggi hingga saat ini, tak ayal jika pemilik situs berusaha meningkatkan skill menulisnya. Untuk memudahkan Anda menghasilkan tulisan berkualitas, simak struktur penting dalam penulisan artikel berikut ini.

Memahami Definisi Artikel

Artikel dapat diartikan sebagai hasil karya penulis yang berisi opini serta fakta tertentu. Umumnya karya tersebut ditelaah secara mendalam dengan panjang tertentu. Selain media cetak, di era informasi dan teknologi seperti saat ini konten semacam ini juga dapat diterbitkan melalui media online.

Semakin mudah diakses, artikel yang diterbitkan melalui website atau blog tak selamanya memiliki kualitas baik. Nyatanya masih saja ditemukan tulisan dengan subtansi bahasan rendah serta tidak mengikuti kaidah penulisan yang berlaku.

Selain itu, terkadang penulis tak memerhatikan aspek-aspek penting lainnya seperti aspek struktur. Untuk memudahkan Anda dalam proses menulis artikel yang baik, perhatikan strukturnya berikut ini.

Apa Saja Struktur yang Perlu Diperhatikan dalam Menulis Artikel yang Baik?
Sama halnya menulis karya tulis lainnya, artikel pun memiliki struktur tersendiri yang patut diperhatikan oleh siapa pun. Simak uraian detailnya di bawah ini.

1. Judul

Struktur pertama penulis perlu perhatikan yakni judul. Bagian ini memiliki peran cukup vital karena seluruh bagian isi dapat direpresentasikan pada aspek ini. Tak ayal jika banyak pembaca memilih melanjutkan atau bahkan melewati sebuah postingan hanya dengan membaca judulnya.

Jika Anda ingin menulis artikel yang baik, pastikan Anda memiliki inisiatif menulis judul semenarik mungkin. Dengan munculnya judul unik, pembaca memiliki kesan pertama yang baik pada postingan tersebut sehingga lebih tertarik membaca isi tulisan secara keseluruhan.

Kuncinya, buatlah judul bernuansa “call to action” atau bahasa yang dapat mempengaruhi pembaca untuk melakukan sesuatu.

2. Pembukaan

Sama halnya dengan judul, bagian pembukaan lebih menjelaskan tentang latar belakang mengapa topik tersebut dimuat. Pada bagian ini, penulis wajib menguraikan pembahasan terkait dengan argumentasi, peristiwa, ataupun kutipant tertentu.

Secara teoritis, terdapat dua teknik umum menulis artikel yang baik, yakni teknik deduktif dan teknik induktif. Deduktif lebih mengedepankan pembahasan secara general sementara induktif, pembahasannya lebih bersifat spesifik dan khusus.

3. Isi

Jika penulis ingin menyampaikan pembahasan secara mendetail, maka pada bagian inilah proses tersebut dilakukan. Karena mencerminkan substansi tulisan, maka penulis juga tidak diperbolehkan mendeskripsikan narasi yang terlalu luas bahkan “out of topic”. Pastikan pembahasan tersebut masih berada pada track sesuai dengan topik.

4. Penutup

Bagian terakhir yakni penutup. Pada bagian ini, penulis diwajibkan menyertakan narasi berupa kesimpulan dari topik yang dibahas pada keseluruhan artikel. Umumnya bagian ini dapat ditemukan pada struktur paling akhir artikel yakni pada paragraf penutup.

Penjebaran tentang struktur penulisan karya artikel di atas tentunya bersifat general. Anda dapat menerapkan struktur di atas dalam proses penulisan segala jenis artikel baik ilmiah, opini, ataupun berita. Jadi, jika Anda penasaran bagaimana cara menulis artikel yang baik, pastikan Anda memperhatikan poin penting di atas.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *