Keunikan Sepak Bola Tanah Air yang Patut Kita Simak

Keunikan Sepak Bola Tanah Air yang Patut Kita Simak

Berbicara tentang sepak bola di tanah air merupakan topik yang tiada habisnya. Selalu ada saja kisah menarik yang terjadi di lapangan.

Beberapa fenomena yang sering dialami misalnya saja penundaan jadwal pertandingan yang tak terprediksi, ada juga fenomena saat beberapa kali klub mengganti nama mereka, dan masih banyak lagi hal-hal menarik yang perlu digali. Dan tentunya saja hal unik tersebut terjadi di indonesia.

Apa saja hal-hal unik yang terjadi di lapangan. Berikut beberapa momen yang akan dipaparkan:

1. Lokasi pertandingan sepak bola terpaksa dipindah karena Pilkades

Bila pertandingan berpindah tempat karena direnovasi itu merupakan hal lumrah. Tapi apa jadinya bila pertandingan dipindah karena Pilkades?

Fenomena unik ini terjadi saat Persib Bandung beradu dengan Persija Jakarta yang rencana awalnya berada di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Kabupaten Bandung, namun terpaksa dipindahkan ke Stadion Kapten I Wayang Dipta, Gianyar, Bali pada 28 Oktober 2019 silam.

Hal ini lantaran pihak kepolisian tidak memberikan izin karena tepat pada hari tersebut merupakan pemilihan kepala desa serentak di Bandung. Tentu hal ini tidak akan ditemukan di negara lain kecuali di Indonesia.

2. Tunda Pertandingan, Bonusnya Besok Ditonton Gratis

Di Indonesia kita sering menemukan pertandingan yang tiba-tiba ditunda karena cuaca, misalnya saat terjadi hujan lebat yang membuat lapangan stadion tergenang air.

Membuat sang bola tidak maksimal ketika bergulir di lapangan. Hal itu tentu membuat menganggu jalannya pertandingan sehingga wasit memutuskan untuk menghentikan permainan.

Lucunya ketika permainan dihentikan, dan memutuskan untuk menunda pertandingan keesokan harinya dengan konsekuensi pertandingan ditonton secara gratis.

Nah, momen seperti ini sangat menyenangkan bukan, apalagi bagi kamu kaum penghamba gratisan.

3. Klub Sering Ganti Nama

Bukan hal baru lahi bila sebuah klub mengganti namanya. Bila kita melihat klub di luar sana misalnya seperti klub raksasa di Eropa kamu akan jarang sekali menemukan sebuah klub sepak bola mengganti namnanya.

Hal aneh justru terjadi di tanah air. Bayangkan saja mereka bisa dengan gampang mengubah nama mereka. Alasannya perubahan nama tentu bermacam-macam mulai dari karna pembelian klub, merger, maupun akuisisi.

Salah satu contohnya adalah perubahan nama Persisam Samarinda berubah nama menjadi Bali United lantaran klub tersebut pindah kandang ke Bali. Unik bukan?

4. Transfer Pemain dengan Harga yang Bikin Gigit jari

Peristiwa kali ini datang dari pemain bernama Indriyanto Nugroho, di direkrut oleh Pelita Jaya dengan biaya sebesar 100 rupiah pada Maret 1996 silam.

Transfer pemain dengan harga demikina merupakan angka termurah sepanjang sejak sepak bola di Indonesia. Apakah kamu pernah menemukan hal ini di tempat lain? saya yakin tidak.

Seperti itulah fenomena-fenomena unik tentang sepak bola di Indonesia yang dirangkum oleh penulis. Semoga dengan tulisan ini bisa menghibur Anda semua.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *