Keadaan Kebun Binatang Ragunan Selama Pandemi

Keadaan Kebun Binatang Ragunan Selama Pandemi

Pada tahun ini, banyak sekali bencana alam yang terjadi terutama virus COVID-19. Sejak akhir 2019 kemarin sampai sekarang, virus ini masih berkembang dan angka penularan juga semakin tinggi.

Sudah banyak korban jiwa yang meninggal di seluruh dunia. Dampak dari virus ini juga sangat besar.

Karena COVID-19 banyak aktivitas masyarakat terhambat dan hanya bisa dilakukan jarak jauh atau dari rumah seperti sekolah, bekerja, berwisata dan lain-lain.

Hampir setahun penuh beberapa masyarakat melakukan aktivitas dirumah masing-masing dan membuat diri mereka pastinya butuh hiburan atau refreshing. Sejak Oktober 2020 taman hiburan kembali dibuka kembali contohnya Kebun Binatang Ragunan.

Sejak PSBB sudah berakhir di Jakarta, tempat wisata Kebun Binatang Ragunan sudah boleh dibuka. Tetapi, banyak syarat-syarat yang harus dipatuhi yaitu terutama pertokol kesehatan.

Hal tersebut berguna untuk menghindar dari penularan virus COVID-19. Kapasitas pengunjung juga dibatasi yaitu setiap harinya hanya diterima 2000 pengunjung per harinya.

Untuk waktu operasional, Ragunan membuka pelayanan dari pukul 07.30-14.00 WIB. Pada masa PSBB transisi pengunjung juga wajib melakukan reservasi online yang dapat dilakakukan H-1 sebelum berkunjung.

Kemudian para pengunjung bisa mendaftarkan diri melalui tautan bit.ly/PesantiketTMR. Selanjutnya, bagi calon pengunjung yang sudah terdaftar dapat langsung datang sesuai hari yang sudah didaftarkan.

Dengan adanya peraturan untuk berwisata, para masyarakat sekitar bisa kembali berwisata bersama keluarga, kerabat atau teman-teman. Hal itu berguna untuk menghilangkan rasa lelah mereka dari aktivitas sehari-hari.

Karena, dirumah saja juga membuat orang-orang semakin sestres dan lebih memikirkan beban yang ditanggung.

Selain itu berwisata juga membuat kita lebih mengikat tali silahturahmi dengan sanak saudara. Jadi, pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin untuk membuka beberapa tempat wisata walupun banyak peraturan yang harus di patuhi.

Gunanya untuk menghambat penyebaran virus COVID-19 pada masyarakat sekitar dan agar masyarakat dapat berwisata lagi. Ketika pengunjung datang ke Ragunan, mereka harus menunjukkan kode verifikasi melalui ponsel atau KTP DKI Jakarta.

Untuk pengunjung yang belum berhasil terdaftar dapat mencoba kembali di hari berikutnya. Berikut ini pertokol kunjungan ke TM Ragunan di masa PSBB trasnsisi :

Pihak TM Ragunan menyediakan tempat cuci tangan
Pihak TM Ragunan menyediakan pembatasan jarak antrian
Petugas TM Ragunan melakukan suhu tubuh pengunjung di depan pintu masuk
TM Ragunan pembatasan jumlah pengunjung pada pendaftaran
Pengunjung di wajibkan menggunakan masker di area wisata
Pengunjung wajib membawa hand sanitizer
Pengunjung wajib membawa KTP DKI Jakarta atau tanda pendaftaran online
Pembatasan pengunjung per harinya 2000 orang atau 25 persen
Waktu operasional Selasa-Minggu pukul 07.30-15.00, tutup loket pikul 14.00 WIB

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *