5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat Berada Di Purwokerto

5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat Berada Di Purwokerto

Kota Purwokerto merupakan kota kecil yang berada dalam wilayah Banyumas. Kota ini berada dibawah kaki Gunung Slamet sehingga memiliki suasana yang sejuk serta panorama yang indah.

Selain Kebun Raya Baturraden, berikut adalah tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Purwokerto:

1. Bukit Watu Meja

Bukit Watu Meja ini berada diatas perbukitan sepanjang Jalan Raya Patikraja-Sampang melalui jembatan lama yang terletak di Desa Tumiyang Kecamatan Kebasen, Banyumas.

Hanya dengan membayar Rp 5000, kita sudah dapat menikmati pemandangan indahnya sungai serayu, dengan jembatan rel kereta diatasnya serta pemandangan Gunung Slamet.

Suasana di bukit sangat nyaman dan sejuk sehingga cocok untuk berlibur melepas penat. Kendalanya adalah jalanan yang agak sulit dan cukup melelahkan, tapi lelah itu akan hilang jika sudah sampai dipuncak.

2. Bukit Tranggulasih

Bukit Tranggulasih terletak di Desa Windujaya Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

Bukit ini mulai dikenal sejak tahun 2015. Tiket masuk yang dibayarkan sekitar Rp 3000 sudah termasuk biaya parkir.

Disini kita dapat menikmati sunrise (matahari terbit) dan sunset (matahari terbenam) dengan pemandangan yang indah.

Karena terletak di kaki Gunung Slamet, bukit ini memiliki suasana yang sejuk dan asri sehingga sangat cocok untuk menghilangkan penat.

Dibukit ini juga disediakan area camping bagi yang ingin merasakan pemandangan indahnya Kota Purwokerto di malam hari dari atas bukit.

3. Curug Cipendok

Curug Cipendok merupakan air terjun setinggi 92 meter yang terletak di Desa Karangtengah Kecamatan Cilongok, Banyumas.

Tiket yang dibayarkan untuk memasuki wisata Curug Cipendok ini harus sekitar Rp 9000 per orang. Curug ini termasuk dalam wilayah Perhutani Banyumas Timur sehingga alam sekitarnya sangat terjaga.

Saat memasuki kawasan ini, kita akan merasakan udara dan suasana yang sangat sejuk dan nyaman, serta pemandangan yang indah.

Selain menikmati air terjun, disini kita juga dapat melihat satwa liar yang dilindungi seperti elang jawa dan kera yang bergelantungan secara bebas.

4. Baturraden Adventure Forest (BAF)

Baturraden Adventure Forest atau yang dikenal dengan nama Rimba Tualang Baturraden ini merupakan wahana yang berkonsep ekowisata dan petualangan rimba.

Wisata ini berada di kaki Gunung Slamet tepatnya berlokasi di Desa Karangsalam Kecamatan Baturraden dengan luas sekitar 50 hektar.

BAF memiliki panorama alam yang indah serta suasana yang damai dan sejuk karena didominasi dengan hutan pinus, damar, serta beragam vegetasi hutan. Harga yang ditawarkan berdasarkan pada paket outbond yang dipilih.

BAF menawarkan berbagai macam paket outbond yang berbasis petualangan sungai, hutan dan gunung dimana mengandung petualangan fisik dan petualangan wawasan.

5. Wisata Pagubugan

Wisata Pagubugan merupakan wisata alam yang berbasis edukasi pertanian. Wisata ini terdiri dari kolam renang terbuka dan dilengkapi dengan taman bunga dan gubug kecil yang berada diantara persawahan.

Kolam renang ini cukup besar dan berisi air asli dari pegunungan yang segar. Wisata ini terdapat di Desa Melung Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

Wisata ini menawarkan sensasi berenang sambil menikmati panorama alam kaki Gunung Slamet.

Waktu yang pas untuk datang adalah saat pagi atau setelah pukul 3 sore. Tiket masuk wisata ini hanya Rp 5000 sudah termasuk parkir kendaraan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *