Jenis-Jenis Identitas Nasional Indonesia

Jenis-Jenis Identitas Nasional Indonesia

Setidaknya ada tiga jenis dan pembagian identitas nasional bangsa indonesia yang harus kalian ketahui. Dimana ini akan kami sajikan sebagai bahan refrensi kalian supaya lebih paham dengan materi identitas nsional ini.

Lebih lengkap mari kita bahas satu persatu lengkap dengan penjelasanya.

  • Identitas Fundamental

Identitas fundimental adalah identitas dasar yang memberikan sebuah kekuatan bagi sebuah bangsa dimata dunia. Dimana ini adalah identitas utama yang akan membuat bangsa indonesia sangat dikenal karena ciri khasnya ini.

Di dalam identitas fundimental bangsa Indonesia ini terdiri dari Pancasila sebagai falsfah bangsa. Ya, sebagai pandangan hiudp dan rule bangsa indonesia dan menjadi sumber hukum.

  • Identitas Instrumental

Kemudian jenis identitas nasional yang kedua adalah identitas Instrumental dimana ini adalah identitas pelengkap sesuai dengan namanya.

Namun demikian identitas ini sangat penting sekali dalam menjaga kedaulatan bangsa dari luar dan dalam.

Yang termasuk dalam identitas instrumental ini adalah UUD 1945. Kemudian ada juga bendera merah putih, kemudian bahasa indonesia, sampai dengan semboyan bangsa indonesia yakni  Bhinka Tunggal Ika.

  • Identitas Alamamiah

Sebuah identitas alamiah dari bangsa Indonesia sudah dikenal sejak zaman dulu, dimana indonesia dikenal dengan negara kepulauan, negara bahari, maritim yang dimana ini tidak akan bisa lepas dari ciri pembeda Indonesia dengan negara lainya.

Kemudian identitas alamiah dari sisi budaya, kemudian keberagaman suku bangsa dan agama yang semuanya hidup rukun di satu negara juga menjadi identitas alamiah bangsa indonesia  yang sangat dikenal oleh negara lain.

Ya, semua identitas alami inilah yang sekarang menjadi tantangan bangsa kita dalam menghadapi arus globalisasi, beberapa identitas alami seperti budaya ketimuran, adat sopan santun, gaya berbusana mulai banyak yang berubah karena pengaruh paham yang masuk dengan bebas di Negara kita.

Budaya arab, asing dan yang lainya sangat kenal sekali membaur dengan budaya Nusantara.

Maka dari itu sebagai generasi penerus bangsa wajib tetap menjaga identitas bangsa berada pada jalur yang benar tanpa adanya pengaruh dari paham paham yang akan menghilangkan identitas nasional secara perlahan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *