Ini dia Lokasi Spot Wisata Dieng Plateau

Ini dia Lokasi Spot Wisata Dieng Plateu

Dieng merupakan tempat wisata yang terletak diantara dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo Provinsi Jawa Tengah.

Dieng merupakan daerah yang berada pada dataran tinggi diperkirakan mencapai ketinggian 2098 Meter diatas permukaan laut sehingga suhunya pun tentunya dingin.

Selain itu Dieng merupakan tempat yang masih menjunjung tinggi atau masih kental dengan kebudayaan yang telah mereka miliki sejak tempo dulu, hal tersebut dibuktikan dengan kerapnya acara adat seperti pencukuran rambut gimbal.

Dieng kerapkali dijuluki sebagai Negeri Diatas Awan karena berada pada dataran tinggi, oleh sebab itu sering diadakan acara tahunan yang bernama Dieng Culture Festival, acara tahunan tersebut tentunya sangat menarik untuk diikut

Terdapat beberapa hiburan seperti penerbangan lampion saat malam hari, pertunjukan penyanyi top Indonesia yang ikut serta meramaikan acara tersebut dan masih banyak lagi.

Seperti tempat wisata pada umumnya Dieng memiliki beberapa spot yang menonjol akan keidahannya yang tentunya sangat menarik untuk dikunjungi, spot tersebut ialah sebagai berikut :

1. Candi Arjuna

Merupakan suatu situs peninggalan sejarah masyarakat Dieng yang dulunya merupakan kerajaan hindu yaitu Dinasti Sanjaya dari Mataram Kuno, candi Arjuna diperkirakan adalah candi yang tertua.

Candi tersebut terdapat di paling utara dari kompleks candi candi yang lain, Candi arjuna memiliki bentuk yang mengerucut dimana bagian paling atas candi terlihat seperti piramida.

Bentuk candi ini memiliki pola semakin ke atas maka akan semakin mengecil. Candi tersebut masih kerap digunakan untuk BerIbadah masyarakat sekitar terutama yang beragama Hindu

Dibagian dalam candi ini terdapat ruang untuk meletakan sesaji, ruangan tersebut dinamakan dengan Yoni.

Yoni memiliki bentuk persegi empat seperti meja namun bagian atas dari bentuk Yoni lebih menjorok keluar yang terdapat lubang, lubang ini bertujuan untuk menampung air yang masuk dari atap candi.

2. Telaga Warna

Mengapa disebut dengan Telaga Warna ? dikarenakan tentunya Telaga ini memiliki air yang berwarna, Telaga warna dieng terletak pada ketinggian 2000 meter diatas permukaan laut.

Telaga warna ini mempunyai air yang sering berubah ubah warnanya seperti berwarna kebiru biruan dan kehijau hijauan, untuk harga tiket masuknya pun terbilang murah.

Dengan harga Rp. 7000 per orang dan biaya parkir dikenakan biaya 5000 ribu rupiah untuk kendaraan roda empat, 2000 rupiah untuk kendaraan roda dua, dengan harga tersebut tentunya sangatlah murah dan anda dapat puas menikmati keindahan Telaga warna.

3. Gunung Prau

Spot wisata Gunung Prau merupakan spot wisata yang sering dikunjungi wisatawan, gunung prau terletak di dataran tinggi Dieng dan gunung tersebut memiliki ketinggian 2565 meter diatas permukaan laut

Terdapat beberapa jalur pendakian yaitu Jalur Pendakian Gunung Prau via Patak Banteng, jalur Pendakian Gunung Prau via Kali Lembu, Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Wetan, Jalur Pendakian Gunung Prau via Dieng Kulon.

Jalur Pendakian Gunung Prau via Campurejo, jalur Pendakian Gunung Prau via Wates, waktu tempuh pendakian gunung prau ini umumnya memakan waktu sampai dua jam perjalanan.

Related Post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *